29.4.15

Candaan Berujung Gagalnya Penerbangan Batik Air Rute Jakarta - Palembang

Detik.com - Seorang penumpang Batik Air di Bandara Soekarno-Hatta bercanda membawa bom saat ditanya‎ pramugari soal isi tasnya. Akibat perbuatannya itu, penumpang di pesawat rute (Jakarta-Palembang) ini menjadi tertunda.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes CH Pattopoi mengungkapkan, peristiwa terjadi pada pukul 06.25 WIB di atas pesawat Batik Air rute Jakarta-Palembang. Saat boarding di pesawat, penumpang yang berinisial YUS (57) itu ditanya ‎oleh pramugari soal tas bawaannya.

"Saat akan meletakan bagasi ransel di kabin pesawat, terlihat pramugari agak berat (mengangkat ransel) dan ketika ditanyakan ke yang bersangkutan apa isinya dan dijawab bom," jelas Pattopoi dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (29/4/2015).

Mendengar jawaban penumpang tersebut, pramugari kemudian melapor ke pilot yang selanjutnya dilaporkan ke pihak Aviation Security (Avsec). Sesuai SOP penerbangan, semua penumpang kemudian diturunkan ke Gate C5.

"Kemudian penumpang tersebut diamankan ke ruang Ansec Lion di Gate A5," imbuhnya.

Petugas kemudian menginterogasi penumpang tersebut, dan ia mengakui bahwa pernyataannya soal bom hanya bercanda belaka. Akibat peristiwa ini, penerbangan pesawat tersebut tertunda dan baru bisa terbang pukul 09.00 WIB.

"Hasil pemeriksaan Satreskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta dan PPNS yang bersangkutan menyatakan hanya bercanda atau spontan," tuturnya.

No comments: