16.7.14

Makanan Ini Dapat Mengatasi Mual saat Hamil

Makanan Ini Dapat Mengatasi Mual saat Hamil

Adalah hal lumrah jika seorang wanita mengalami mual saat hamil. Mual dan muntah saat hamil atau yang disebut Nausea and Vomiting in Pregnancy (NVP) biasanya dimulai wanita yang sedang hamil muda atau usia kandungan minggu keempat atau keenam.

Setelah melewati trimester pertama atau 3 bulan kalender, wanita akan merasa lebih baik atau tidak merasakan mual dan muntah kembali. Walaupun ada pengecualian beberapa wanita mungkin akan merasakan mual sepanjang kehamilannya.

Menurut data yang diambil dari ABC Australia menyebutkan bahwa hampir 70 persen wanita global akan mengalami NVP. Dan yang lebih mencengangkan adalah hampir 100 persen wanita mengalami perubahan makanan favorit, mereka menolak makanan yang sebenarnya menggiurkan bagi orang lain.

Banyak teori dikemukakan untuk mengetahui penyebab mengapa wanita hamil mengalami mual dan muntah. Tapi ada teori yang sering digunakan adalah karena faktor hormon.Ketika hamil, hormon human chorionic gonadotropin (hCG) diproduksi oleh jaringan yang akan menjadi plasenta.

Makanan yang Mungkin Dapat Mengatasi Rasa Mual saat Hamil

Stephen Raymond, spesialis obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Royal, Tasmania menyarankan pada wanita hamil yang merasakan mual dan muntah untuk mengkonsumsi vitamin B6 atau jahe. Keduanya dipercaya mampu untuk meringkan gejala NVP tersebut. Akan tetapi Raymond juga mengingatkan bahwa cara tersebut tidak begitu efektif pada beberapa wanita hamil. Dirinya juga menambahkan tidak ada satu pengobatan efektif yang mampu mengatasi gejalan mual dan muntah ketika hamil.

"Setiap wanita harus menemukan pengobatan apa yang bekerja untuknya. Pengobatan yang efektif untuk seorang wanita belum tentu bekerja untuk yang lainnya. Penting bagi wanita untuk terus berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan cara yang tepat," tutur Raymond Selasa (1/7/2014).

Inilah Makanan yang Dapat Mengurangi Rasa Mual

Seperti yang disebutkan oleh Raymond, bahwa makanan yang mengandung vitamin B6 mungkin dapat mengatasi rasa mual dan muntah ketika hamil. Namun memang tidak berlaku bagi beberapa orang wanita.

Vitamin B6 sebenarnya sudah tersedia pada obat hamil yang biasanya diberikan dokter. Namun jika Anda ingin mengasup vitamin B6 secara alami, maka makanan inilah yang menjadi sumber vitamin B6.

  • Buah-buahan : Alpukat, pisang, tomat, melon, semangka.
  • Sayur-sayuran : Bayam, kentang, sawi, kembang kol, brokoli, paprika, asparagus, lobak.
  • Daging : Ikan tuna, Ikan Cod, Ikan salmon, daging sapi atau kambing serta hati.
  • Lain-lain : Produk kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang polong, dan kacang hijau, sereal, jagung, gandum dan biji bunga matahari (kuaci).

Untuk makanan sendiri, Anda tidak harus makan makanan yang sama setiap harinya. Anda bisa berpindah, misalnya makan pagi adalah sereal atau kue gandum, makan siang makan daging + buah dan makan malam Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran bersama sumber vitamin B6 yang lain.

Terapi juga bisa Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, wanita juga mengikuti terapi untuk menyembuhkan rasa mual. Berbagai terapi seperti akupresur, akupunktur, chamomile, dipijat dengan menggunakan minyak lemon dan minyak mint.

No comments: