19.10.13

Mencuri Besi Pabrik, 4 Karyawan Pabrik Gula Ditahan

JEMBER, KOMPAS.com — Empat karyawan Pabrik Gula (PG) Semboro, Jember Jawa Timur, ditangkap aparat polsek setempat karena diduga mencuri besi milik perusahaan, Jumat (18/10/2013).

Keempat pelaku diketahui bernama Andre Purwanto (30), Suhadi (39), Miskun (51), dan Dedi Bahtiar (33). "Para pelaku kami tangkap di Jalan Raya Dusun Batu Urip, Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru. Saat itu, pelaku membawa dump truck Isuzu Elf dengan nomor polisi P 9302," kata Kepala Unit Reskrim Polsek Semboro Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Iwan Iswanto, Jumat.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa pir lori, ban lori sebanyak 3 buah, plat besi, pipa besi, serta beberapa potongan besi yang diduga kuat milik PG Semboro. 

"Saat ini para pelaku kami amankan ke mapolsek untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," imbuh Iswanto.

Salah satu pelaku, Dedi Bahtiar, mengaku bahwa saat itu truk tersebut diparkir di sekitar Gudang PG, dan kunci kontaknya berada di dalam kendaraan itu. "Karena ada (kunci) kontaknya, akhirnya saya gunakan untuk mengangkut besi yang kami ambil dari emplasemen PG, tepatnya di depan Gudang F," katanya.

Ia menambahkan, besi tersebut itu langsung dibawa pergi meninggalkan lokasi saat dinaikkan ke atas truk. "Rencananya besi itu akan kami jual ke salah satu pengepul besi di kawasan Sumberbaru," ungkapnya.

Namun sebelum truk itu tiba di tempat tujuan, polisi menghadangnya. "Begitu mendapat laporan dari masyarakat, kita langsung melakukan pengejaran. Ternyata benar, tersangka membawa besi curian milik PG Semboro," ungkap Iswanto.

Polisi akhirnya langung menahan semua pelaku dan mengamankan barang bukti. "Kami perkirakan berat besi yang diamankan dari para tersangka ini sekitar 5 kuintal," katanya.

No comments: