24.6.13

Lempari Bus Persib, Suporter Persija Kecewakan Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo merasa dikecewakan atas ulah suporter klub sepak bola Persija Jakarta yang melempari bus pemain Persib, Sabtu (22/6/2013) malam.

"Dulu kan sudah saya kumpulkan 'kepala suku-kepala sukunya', ada kesepakatan tidak boleh ini, tapi kenyataannya," ujar Jokowi seusai hadir di acara di Grand Indonesia, Minggu (23/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, aksi brutal suporter Persija atau yang disebut Jakmania itu merupakan salah satu bentuk tidak menghargai tamu. Menurutnya, perbuatan itu sangat mencoreng dunia sepak bola di Indonesia. Ke depannya, ulah nakal suporter tersebut akan menjadi catatan penting Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama soal perizinan pertandingan.

"Yang pertama kita kan pernah uji coba di GBK, hasilnya bagus. Nah, (peristiwa) semalam ini akan menjadi catatan jelek kita," lanjut Joko Widodo.

Sementara, terkait sanksi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Jakmania, ia menyerahkannya kepada pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Sebelumnya diberitakan, bus pemain tim Persib Bandung dilempari batu oleh suporter Persija, Sabtu sore. Akibat tindakan itu, manajemen Tim Persib memutuskan tidak melanjutkan rencana pertandingannya dengan Persija.

No comments: