25.12.13

Alat Pemadam Api

Mungkin anda jarang menyadari, bahwa hampir setiap tempat yang anda datangi biasanya terdapat alat atau perlengkapan pemadam api. Apakah di sebuah gedung kantor, mal, bioskop hingga area parking. Anda sering tidak memperhatikan, namun alat pemadam api dapat anda temukan hampir disetiap sudut kota. Apakah dalam bentuk alat pemadam api ringan berupa tabung-tabung pemadam api yang tergantung di dinding atau pilar gedung, maupun tabung yang lebih besar yang termasuk dalam golongan alat pemadam api berat yang menggunakan troli, hingga fire system yang menggunakan hydrant box, hidrant pillar dan panel box untuk mengontrol sistem keamanan terhadap kebakaran.
Biasanya disetiap tempat atau gedung memang telah memiliki petugas keamanan, dan idealnya petugas-petugas ini telah dibekali pengetahuan dan dasar-dasar menggunakan perlengkapan pemadam kebakaran yang tersedia jika tanpa diduga terjadi bahaya kebakaran. Namun tidak ada salahnya masing-masing kita juga mengenal dan mengetahui bagaimana cara menggunakan alat pemadam api sebagai langkah preventif jika suatu saat dilokasi kita berada terjadi kebakaran dan anda berada paling dekat dengan perlengkapan alat pemadam api yang tersedia.
Harus dipahami bahwa jenis alat pemadam api ada bermacam-macam dan menggunakan media pemadam yang berbeda juga. Cara penggunaannya tentunya akan berbeda dan setiap media pemadam harus digunakan untuk kelas kebakaran yang berbeda juga.
Salah menggunakan alat pemadam api atau memilih media pemadam yang kurang tepat, bukan tidak mungkin justru akan membuat kebakaran semakin buruk ataupun bebalik membahayakan jiwa anda.
Mengetahui cara penggunaan alat pemadam dan bertindak cepat ketika terjadi kebakaran tentunya akan meminimalisir kerugian akibat kebakaran dibandingkan kita harus menunggu datangnya satuan pemadam kebakaran yang biasanya memerlukan waktu yang agak lama sehingga kobaran api sudah terlanjur menjadi besar.
Sungguh disayangkan kalau alat pemadam api sudah tersedia dan mudah didapatkan namun kita tidak memiliki kesadaran untuk memanfaatkan keberadaannya dan berjaga-jaga jika terjadi bahaya kebakaran.
Selain alat pemadam api, fire alarm system juga sangat dibutuhkan dalam tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih luas.
Kunjungi website pemadamapionline.com untuk mempelajari lebih banyak mengenai produk-produk dan perlengkapan alat pemadam api serta artikel-artikel berguna seputar alat keamanan ini.

No comments: