3.3.10

Pemuda Ganteng Selundupkan 2,5 Kg Ketamine

GPS GarminTANGERANG, KOMPAS.com — Chetan Ashokal Rohra (25), pemuda asal India, ditangkap petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea dan Cukai Soekarno-Hatta karena kedapatan membawa ketamine seberat 2.500 gram. Bubuk halus berwarna putih itu dikemas pria ganteng itu dalam empat bungkus plastik dan dimasukkan dalam pemanas nasi thermoware merek Cello.

"Estimasi nilai ketamine yang dibawa CAR sebesar Rp 2,5 miliar," kata Kepala KPP Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Baduri Wijayanta, Selasa (2/3/2010).

Baduri mengatakan, pemuda berperawakan tinggi dan berbadan kekar itu datang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Philipine Airlines dengan nomor penerbangan PR-503 dari Manila ke Jakarta dan transit di Singapura.

"Ketamine yang dikemas dalam empat plastik dan disisipkan dalam thermoware ini diletakkan dalam tas yang berisi makanan. Ini untuk menyamarkan saat melewati x-ray," kata Baduri.

Baduri mengakui, awalnya petugas sempat mengalami kesulitan saat mengeluarkan paket ketamine. Namun, dengan kejelian petugas, akhirnya barang haram itu bisa dikeluarkan dari alat tersebut.

CAR, lanjut Baduri, diancam hukuman maksimal 15 tahun kurungan penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar, sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

No comments: