25.10.14

Komnas PA Siapkan Rumah Aman untuk Anak-Anak Korban Kejahatan Seksual

Makin meningkatknya kasus kekerasan seksual terhadap anak, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akan segera membangun rumah aman yang diperuntukkan sebagai tempat pemulihan mental dan sosial anak korban kejahatan seksual.

Menurut Ketua Komnas PA, Artist Merdeka Sirait, diharapkan rumah aman khusus untuk anak korban kejahatan seksual di jakarta sudah terbangun di awal 2014 dan selanjutnya akan dibangun dimasing-masing daerah. Ia juga menjelaskan kalau rumah aman ini nanti akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas, psikolog dan pekerja sosial yang akan menjadi bagian dalam proses pemulihan dari dampak kejahatan seksual yang dialami oleh korban anak.

Artist menjelaskan bahwa selama ini pelaku kejahatan seksual banyak yang berasal dari rumah tangga sehingga tidak mungkin anak yang mengalami depresi dan trauma berat sebagai korban kejahatan dikembalikan ke rumahnya untuk proses penyembuhan. Ruma aman ini aakan dibangun secara permanen agar anak korban kejahatan seksual mendapatkan pelayanan sosial dan dapat disembuhkan dengan cepat.

Berdasarkan data yang ada di Komnas PA, angka kejahatan seksual terhadap anak sudah cukup menakutkan karena peningkatannya sangat tinggi. Pada tahun 2010 saja kasus kejahatan seksual mengalami peningkatan sebanyak 40 persen dan kasis kejahatan seksual pada  anak meningkat hingga 62 persen di tahun 2014.

No comments: