20.1.14

Penggunaan Alat Pemadam Api Jenis Powder

Alat pemadam api dengan jenis powder / serbuk adalah beberapa opsi pengendalian kebakaran paling serbaguna . Alat pemadam api ini bekerja tidak hanya untuk kebakaran kelas A dan kelas B (kebakaran normal dan cairan yang mudah terbakar) , tetapi juga pada kebakaran kelas C , yang melibatkan gas seperti butana dan propana . Mereka juga aman untuk digunakan pada kebakaran listrik karena bubuk kering yang terkandung dalam alat pemadam ini adalah non konduktif . Powder diusir dari alat pemadam ini bekerja untuk merobohkan api . Cairan mudah terbakar dan gas sangat rentan terhadap dimasukkan oleh metode ini .

Alat pemadam api ini datang dalam beberapa jenis , tetapi mereka semua penuh dengan bubuk dan bertekanan menggunakan nitrogen . Jet dapat melakukan perjalanan 4-7 meter , dan debit penuh membutuhkan waktu antara enam dan dua puluh detik . Berapa lama pemadam kebakaran Anda akan mengambil debit dan seberapa jauh jet akan tergantung pada jenis yang tepat dari pemadam yang Anda gunakan . Beberapa memiliki perangkat kontrol dan debit dikendalikan , yang membantu dengan pemeliharaan . Berikut adalah beberapa jenis alat pemadam kebakaran bubuk yang mungkin Anda alami .

Alat pemadam BC dinilai untuk cairan dan gas , tetapi tidak untuk jenis lain dari kebakaran . Ini diisi dengan kalium bikarbonat atau natrium bikarbonat , dan meninggalkan sedimen di belakang . Bahan ini harus dibersihkan off segera , karena itu agak korosif , dan dapat merusak bahan bahwa itu dalam kontak dengan untuk waktu yang lama . ABC pemadam kebakaran bubuk kering bekerja pada kebakaran kelas A juga, dan dipenuhi dengan monoammonium fosfat . Serbuk berwarna kuning ini juga meninggalkan residu , dan dapat merusak peralatan listrik . Hindari penggunaan di sekitar jenis peralatan .

Sangat penting untuk membaca petunjuk pada alat pemadam kebakaran dan membiasakan diri dengan penggunaannya . Jangan biarkan itu untuk duduk sampai Anda memiliki api . Untuk menggunakan alat pemadam kebakaran bubuk , menarik pin , bertujuan pemadam , dan menekan pelatuk . Pastikan bahwa jet bubuk ditujukan dasar api , kemudian menyapu dari sisi ke sisi , meliputi api . Jika api dalam suatu wadah , atau membakar cairan tumpah , bertujuan jet bubuk di sisi dekat api , kemudian menggunakannya untuk mendorong api menjauh dari Anda sampai padam.

Mengalir cairan yang terbakar harus diperlakukan berbeda . Tujuan jet di dasar api , kemudian memindahkannya ke atas . Jika Anda perlu menggunakan bubuk pemadam kebakaran pada api listrik , dan tidak ada pilihan lain , mengubah arus off pertama . Setelah api terlihat seperti itu telah keluar , tunggu beberapa saat untuk memastikan udara jelas , dan menyelidiki lokasi pembakaran . Beberapa kebakaran mungkin menyalakan kembali , jadi bersiaplah untuk melepaskan pemadam lagi .

Alat pemadam api bubuk harus terletak di jelas dan mudah untuk mendapatkan posisi . Mereka dapat diidentifikasi oleh band biru atau label pada bagian luar pemadam merah. Lama pemadam kebakaran bubuk mungkin sepenuhnya biru. Jika Anda memiliki salah satu dari ini , penting untuk memastikan bahwa itu masih dalam kondisi kerja . Pastikan Anda menjaga Anda sekali sebulan , dan mereka dilayani tahunan . Setelah beberapa tahun , memiliki tekanan bubuk pemadam api diuji untuk memastikan bahwa silinder tetap aman . Ketika Anda membeli alat pemadam baru , mencari Kitemark persetujuan , yang mengatakan bahwa pemadam telah diuji . Semua ukuran alat pemadam , dari kecil model 1 kg sampai besar , roda , 100 kg model , harus kitemarked .

Jauhkan alat pemadam api bubuk sekitar rumah atau tempat kerja di setiap lokasi di mana api mungkin mulai . Karena alat pemadam ini bekerja dengan baik pada cairan dan gas , alat pemadam api jenis powder ini dapat disimpan secara tungku , di garasi , atau di tempat lain di mana api non - listrik adalah bahaya. Hati-hati saat menggunakan alat ini , dan selalu belajar bagaimana untuk mengoperasikan pemadam sebelum keadaan darurat . Ingat bahwa Anda tidak diwajibkan untuk melawan api . Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan , atau pemadam habis sebelum api keluar , bersedia untuk meninggalkan rumah.

No comments: