20.11.13

Mengenal CO2 Sebagai Media Alat Pemadam Api

Ternyata CO2 atau zat asam arang yang merupakan  senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon, dapat menjadi salah satu media pemadam api yang efektif. Mengapa CO2 menjadi salah satu zat yang ampuh dalam menaklukan api? Ini karena sifat-sifat yang dibawa oleh CO2 dapat  meredam pola reaksi berantai yang terjadi saat kebakaran. CO2 akan merubah komposisi udara normal menjadi komposi udara rendah. Dengan kata lain CO2 bisa menurunkan volume oksigen yang menjadi salah satu unsur pemicu kebakaran. Karena sifatnya yang bisa menurunkan kadar oksigen ini maka pemadam api yang berbahan CO2 tidak baik ditempatkan pada ruangan yang tertutup,  karena menyebabkan  orang-orang di ruangan tersebut mengalami defisiensi oksigen jika alat tersebut digunakan.

Beberapa sifat CO2 :
1. CO2 memiliki sifat tidak dapat terbakar (anti burning)
2. C02 memilki berat yang lebih dari udara, maka jika CO2 diarahkan secara tepat pada  sumber kebakaran, CO2 akan langsung mencari ruang disekitar sumber api, untuk  menekan oksigen yang menjadi konduktor api.
3. CO2 termasuk zat yang sifatnya sangat dingin dan dapat mendinginkan bahan bakar.
4. CO2 tidak mengantarkan listrik (isolator), tidak berbau dan tidak meninggalkan bekas.

Alat Pemadam api CO2

Fire extinguisher CO2 atau alat pemadam api karbon dioksida sangat ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu. Biasanya digunakan di tempat-tempat yang sensitif dengan kontaminasi seperti ruang komputer, laboratorium, tempat penyimpanann makanan, dll. Beberapa ciri khusus yang dapat Anda kenali dengan mudah adalah adanya corong plastik yang lebar. Corong ini berfungsi mengarahkan C02 dengan mudah kepada sumber api, corong ini juga melindungi tangan penggunannya dari efek dingin. Cara pemakainnya sangat sederhana, Anda tinggal arahkan corong kepada seluruh permukaan bahan yang terbakar kemudian sembur sumber api dengan fire extinguisher CO2. Pemadam  api CO2 sangat efektif untuk mengatas kebakaran kelas B dan C.

No comments: