28.11.13

Lari dari Kejaran Polisi, Mobil Pencuri Terjun ke Sungai

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tiga orang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) diringkus jajaran Polsek Minggir, Rabu (27/11/2013) sekitar pukul 02.00 WIB. Proses penangkapan tiga pelaku yang dua di antaranya perempuan ini sempat diwarnai aksi kejar-kejaran dengan polisi.

Pelarian para pelaku berakhir ketika mobil yang ditumpangi mereka masuk ke selokan setelah menabrak pembatas jalan. Tiga orang pelaku yang diamankan yakni De (33) warga Jetis, Bantul, Is (25) warga Kulonprogo dan Mn (42) warga Trenggalek, Jawa Timur. Satu orang pelaku yang bisa kabur dan masih dalam pengejaran adalah berinisial An (30), warga Jetis, Bantul.

Salah satu saksi mata, Daris (50), warga Sidorejo, Sendangrejo, Minggir menuturkan sekitar pukul 01.15 WIB, para pelaku berusaha mencongkel rumah salah satu warga. Namun karena pemilik belum tidur dan memergoki aksi itu, para pelaku lantas kabur dengan menggunakan mobil. Korban yang merupakan anggota jaringan komunikasi masyarakat, lantas menghubungi warga dengan handy talky (HT).

Info percobaan pencurian tersebut lalu diteruskan ke polisi yang langsung melakukan pengejaran sesuai petunjuk warga. Seusai menemukan mobil sesuai dengan ciri-ciri yang diinfokan warga, polisi mendekat, namun para pelaku justru memacu mobil Daihatsu Xenia AB 1514 MI dan berusaha melarikan diri. Polisi sempat memberikan tiga tembakan peringatan ke udara, namun tetap saja tidak diindahkan para pelaku.

Pelarian para pelaku berakhir setelah mobil Daihatsu Xenia AB 1514 MI menabrak pembatas jalan di tikungan Nyangkringan dan tercebur ke sungai. "Ada satu orang yang kabur ke utara. Warga sudah mengejar, tapi kehilangan jejak," kata Daris.

Sementara itu, Kapolsek Minggir, AKP Samidi mengatakan, sebelum melarikan diri, para pelaku sudah berusaha membobol 3 rumah, namun gagal masuk ke dalam. Terakhir mereka terpergok pemilik rumah yang kebetulan ikut komunitas radio HT.

"Mereka (para pelaku) belum berhasil mencuri. Dari pelaku kami mengamankan alat yang digunakan untuk merusak jendela rumah korban," katanya.

Hingga saat ini ketiga pelaku masih diperiksa intensif di Polsek Minggir. Termasuk peran masing-masing dalam melakukan aksi pencurian tersebut.

No comments: