Perusahaan jasa security meningkatkan tingkat kenyamanan
dan keamanan sebuah perusahaan karena seorang sekuriti memegang peranan penting
sebagai pengemban amanat sebagai pengembang dan pembentuk citra baik sebuah
perusahaan. Perusahaan jasa security dan personelnya merupakan pasukan garis
depan yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan
juga mengamankan segala macam produk dan asset-aset perusahaan. Ketenangan,
keteraturan dan keselamatan kerjapun menjadi tugas pokok sekuriti.
Demi
kelancaran pengamanan dan kinerja semua aspek perusahaan, maka jumlah pasukan
sekuriti haruslah memenuhi kuota sebuah perusahaan. Jangan sampai perusahaan
besar hanya mempunyai sedikit pasukan sekuriti. Selain kuantitas, kualitas
pasukan sekuriti juga seharusnya memenuhi target dan standar yang sudah
ditentukan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.
Karena satuan sekuriti harus membawa perlengkapan pengaman,
seperti borgol dan pentungan, maka surat ijin untuk membawanya sangat diatur
dalam peraturan-peraturan yang ada. Setiap perusahaan harus menciptakan imej
tentang sekuriti yang tegas tetapi ramah. Selain untuk pengamanan, dia
harus mampu mengimbangi jika ada tamu yang bertanya tentang jalan ataupun suatu
ruangan. Sekuriti harus melakukan tugas ini dengan tegas dan penuh senyum agar
customer merasa senang dan bahagia dengan pelayanan. Sistem semacam ini sudah
mulai diaplikasikan pada bank-bank di seluruh Indonesia. Coba sekali-sekali
anda perhatikan tentang kesigapan mereka dalam membuka dan menutup pintu untuk
customer, mempersilahkan dengan senyum ramah, membantu mengambilkan nomer
antrian, dan lain-lain.
Perusahaan jasa
security merupakan pencetak calon-calon satuan sekuriti yang kompeten dan
berdedikasi tinggi, mereka juga akan diberikan beberapa pelatihan dan seminar
tentang bagaimana memenuhi standar yang telah ditetapkan. Selain untuk mengatasi
segala macam permasalahan, para petugas sekuriti ini juga harus melakukan
patroli setiap malam untuk menjaga keamanan perusahaan. Pengaturan keamanan ini
harus menjadi check list para anggota sekuriti. Mereka harus mencatat semua
aktifitas mencurigakan yang terjadi serta mencatat semua kendaraan baik roda
dua maupun roda tiga yang keluar dan masuk ke dalam area perusahaan maupun
perumahan. Ketika setelah semua karyawan keluar gedung perusahaan, satuan
pengaman ini harus memeriksa seluruh pintu, jendela, lampu-lampu, AC, dan
lain-lain.
Biasanya satuan keamanan atau sekuriti dibagi menjadi dua
shift atau tiga shift yang bertugas menjaga objek pengamanan selama 24 jam
sehari, 7 hari per minggu. Latihan-latihan diberlakukan untuk para petugas
sekuriti adalah latihan PBB atau baris-berbaris, latihan bela diri untuk
mengembangkan sikap percaya diri dan pembelaan diri, pelatihan fisik untuk
membentuk otot pasukan, dan latihan menggunakan alat-alat keamanan.
Perusahaan jasa security biasanya
mengadakan pelatihan-pelatihan yang selain melatih kekuatan fisik tetapi juga
kekuatan mental, seperti cara menyapa yang ramah dan menyenangkan bagi
customer, cara menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh para customer, cara
menghindari kata-kata yang kurang sopan. Para pasukan sekuriti ini melakukan
pendidikan untuk mengesankan bahwa keramahtamahan terhadap customer lebih
diutamakan daripada keamanan walaupun sebenarnya keduanya sama-sama penting.
Jika para customer senang dengan perlakuan para satuan sekuriti, maka mereka juga
akan mempunyai pikiran yang positif terhadap keseluruhan kinerja dari suatu
perusahaan.
Cara petugas sekuriti ketika melaksanakan patroli, mereka
juga harus menyiapkan data-data yang harus dicek sehingga setelah melakukan
patroli, mereka akan tahu mana saja benda yang kurang terawat, hilang, atau
baik-baik saja. Semua ini sangat penting bagi sebuah perusahaan karena setiap
aset sangat berharga.
No comments:
Post a Comment