26.6.13

Ditolak Bikin KTP, Ayah 5 Anak Bakar Diri Hingga Tewas

Seorang pria di Maroko, Abdelkabir al-Atawi nekat membakar diri hingga tewas. Ayah 5 anak ini putus asa atas sulitnya birokrasi pemerintah demi mendapatkan dokumen menetap sejenis KTP agar bisa mendapatkan kartu bebas biaya rumah sakit untuk istrinya.

Kejadian terjadi di depan gedung pemerintah di Sebaa Ayoun, Meknes, Maroko, pada Senin 25 Juni 2013 kemarin. Pria 50 tahun itu frustasi berat karena tak bisa mendapatkan surat bebas biaya perawatan rumah sakit.

Karena tak memiliki pekerjaan, laki-laki ini berusaha keras agar dapat mendapatkan KTP demi memperoleh surat bebas biaya perawatan rumah sakit.

"Pria itu ingin membuat surat menetap, tapi ditolak. Kemudian ia menyiram tubuhnya dengan bensin. Lalu membakar diri sendiri," kata duta Badan HAM Maroko Habid Benkarroun, seperti dilaporkan media lokal NGO yang dimuat News.com.au, Rabu (26/6/2013).

Aparat kepolisian setempat menyatakan, Atawi mengajukan akta kelahiran dan kartu identitas. Tapi petugas pemerintah menolaknya, karena ia berasal dari daerah yang berbeda.

"Dia dari wilayah Ouarzazate, jadinya tak bisa mendapatkan dokumen itu," kata polisi tersebut.

No comments: