19.7.10

TKW Asal Karawang Disiksa di Jordania

Karawang (ANTARA News) - Seorang tenaga kerja wanita asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami penyiksaan dari majikannya di Jordania, karena dinilai tidak rapi melakukan pekerjaan rumah tangga.

Tenaga kerja wanita (TKW) asal Dusun Muara, Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Cilamaya, Karawang, yang diketahui bernama Kartini (13), mengaku selalu mendapat perlakuan buruk dari majikannya, di Jordania, sejak sepekan mulai bekerja.

"Baru seminggu bekerja di sana (Jordania), saya sudah disiksa. Bahkan dalam sehari, saya hanya diberi makan satu kali oleh majikan," kata Kartini, di Karawang, Senin.

Dikatakannya, jenis siksaan yang dialami itu bermacam-macam, seperti dengan cara disetrika bagian pergelangan tangan kanan dan kiri, dipukuli, diinjak-injak, digunduli, dan lain-lain.

Majikannya menyiksa dirinya hanya dengan alasan sederhana, karena tidak rapi dalam menjalankan tugas atau pekerjaan rumah tangga dan juga tidak lancar berkomunikasi.

Saat ini, luka akibat penyiksaan yang dialami Kartini masih membekas, karena ia mengaku penyiksaan yang dialaminya cukup berat selama bekerja di Jordania.

Anak dari pasangan Eming (42) dan Renih (42) itu berangkat menjadi TKW pada 27 Agustus 2009 melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT Baba Metro Utama.

Kemudian Kartini pulang ke Indonesia pada 13 Juli 2010, karena merasa tidak sanggup mengalami penderitaan di Jordania.

Pada Agustus 2009 lalu, Kartini mengaku memutuskan pergi ke luar negeri untuk menjadi TKW, karena ingin membantu perekonomian orang tuanya.

"Saya menjadi TKW karena ingin membantu orang tua membuat rumah. Tetapi, keinginan itu tidak tercapai, karena selama bekerja 10 bulan di Jordania tidak digaji," kata Kartini.

No comments: